PELEPASAN TIM ENUMERATOR RISET KESEHATAN DASAR (RISKESDAS) KABUPATEN KUTAI TIMUR TAHUN 2013

Riset Kesehatan Dasar tingkat Nasional merupakan salah satu implementasi Permenkes Nomor 681/MENKES/PER/ VI/2010 tentang Riset Kesehatan Nasional. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) merupakan survei berkala memantau indikator terkait derajat kesehatan masyarakat  dan indikator pelayanan kesehatan masyarakat  yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes). Riskesdas dilaksanakan di seluruh provinsi mencakup seluruh kabupaten/kota. Provinsi Kalimantan Timur termasuk di dalam Wilayah IV terdiri dari Provinsi Jambi, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat, Koordinator Wilayah IV adalah Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional. Riset Kesehatan Dasar dilakukan secara berkala semenjak tahun 2007 untuk mendapakan gambaran status kesehatan tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Status kesehatan termasuk prevalensi status gizi penduduk, prevalensi penyakit menular, prevalensi penyakit tidak menular, dan cakupan pelayanan kesehatan, serta gambaran perilaku kesehatan masyarakat perlu dipantau secara regular, sehingga dapat digunakan untuk kepentingan kebijakan pembangunan kesehatan mulai dari tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Riskesdas 2013 sangat penting untuk dilaksanakan mengingat informasi hasil Riskesdas 2013 akan dijadikan dasar untuk menilai keberhasilan pelaksanaan pembangunan jangka menengah 2010-2014. Selain itu, juga sebagai sarana untuk mengevaluasi perkembangan status kesehatan masyarakat Indonesia di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota dalam tiga tahun terakhir. Termasuk  perubahan masalah kesehatan di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota, termasuk masalah kesehatan spesifik di setiap kabupaten/kota, perkembangan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi status kesehatan masyarakat di tiap tingkat wilayah pemerintahan, dan perkembangan upaya pembangunan kesehatan di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota dalam tiga tahun terakhir.

Tim_Enum

Koordinator Riskesdas 2013 Kabupaten Kutai Timur adalah Kepala Dinas Kesehatan dalam hal ini adalah dr. Aisyah, M.Kes, Penanggung Jawab Operasinal Andi Herman, SKM., MPH, Penanggung Jawab Administrasi dan Logistik Deddy Suriansyah, SE, Penanggung Jawab Teknis Agus Winarsa, M.Kes. Dalam pelaksanaan Riskesdas tahun 2013, Kabupaten Kutai Timur mendapatkan 24 blok sensus (BS). Blok sensus ini tersebar di 13 kecamatan dan 19 desa yaitu desa Sangatta Utara, Teluk Lingga, Singa Gembara, Suka Rahmat, Sepaso, Sepaso Timur, Mukti Jaya, Gemar Baru, Tana Abang, Marga Mulya, Muara Bengkal Ulu, Beno harapan, Batu Timbau, Benua Baru Ulu, Karangan Hilir, Mata Air, Saka, perupuk dan Marukangan.

Pengumpulan data status kesehatan masyarakat di 24 blok sensus ini dibentuk Tim Enumerator yang dibagi menjadi  4 (empat) Tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 5 orang dengan 1 (satu) orang ketua. Jadi seluruh jumlah enumerator sebanyak 20 orang dengan berbagai latar belakang pendidikan minimal D3 Kesehatan. Tim Enumerator ini telah mendapatkan pelatihan di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Samarinda. Pelatihan enumerator dilakukan dengan pertimbangan perlu adanya penyebarluasan pemahaman substansi Riskesdas 2013 kepada enumerator. Dengan pemahaman yang baik, enumerator akan dapat mengumpulkan data dengan benar sehingga akan menghasilkan kualitas data yang baik. Pelatihan enumerator diikuti oleh seluruh enumerator selama 10 hari meliputi  pemahaman mengenai indikator-indikator penelitian, cara untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, mekanisme pengukuran status kesehatan, mekanisme dan alur kerja, pemahaman instrumen yang digunakan, serta pertanggungjawaban keuangan.

Tujuan Riskesdas 2013 adalah :

  1. Menyediakan informasi untuk perencanaan kesehatan termasuk alokasi sumber daya di berbagai tingkat administrasi.
  2. Menyediakan peta status dan masalah kesehatan di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota pada tahun 2013
  3. menyediakan informasi perubahan status kesehatan masyarakat yang terjadi dari 2007 ke 2013.
  4. Menilai kembali disparitas wilayah kabupaten/kota menggunakan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPKM).
  5. Mengkaji korelasi antar faktor yang menyebabkan perubahan status kesehatan.

Tim Enumerator ini dilepas secara resmi oleh Asissten IV Kesejahteraan Rakyat bapak Drs. H. Mugeni, M.Si dilapangan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur pada tanggal 6 Mei 2013, pada saat pelaksanaan apel pagi. Tim enumerator ini akan berada di lokasi selama 2 (dua) bulan dimulai pada tanggal 6 Mei 2013 sampai dengan 5 Juli 2013 untuk mengumpulkan data status kesehatan masyarakat. Masing-masing Tim Enumerator melakukan pendataan di 6 Blok Sensus yang terdiri dari 25 Bangunan Sensus (Bangsen). Tugas Tim Enumerator ini antara lain melakukan wawancara dan melakukan pengukuran serta pemeriksaan kesehatan dasar. Diharapkan sebelum malakukan tugasnya Tim Enumerator ini melaporkan diri dan tim kepada Kepala Desa dan Ketua RW/RT setempat.

1 Response to “PELEPASAN TIM ENUMERATOR RISET KESEHATAN DASAR (RISKESDAS) KABUPATEN KUTAI TIMUR TAHUN 2013”


  1. 1 Bagas Qassam Suka Berkawan 4 Juni 2013 pukul 11:21 am

    Mantab pak Andi Herman…dan selamat atas kelahiran putri nya…:-)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 331,407 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


%d blogger menyukai ini: