PENDAMPINGAN DALAM RANGKA OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN LAYANAN JASA AKSES TELEKOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KPU/USO LINTAS PERGURUAN TINGGI PAKET 3 (WILAYAH KALIMANTAN)

Sesuai dengan judul diatas, penulis hari ini di undang oleh Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) untuk mengikuti pertemuan tersebut. Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) tetapi dari segi brainware-nya. PLIK merupakan program dari Keminfo yang akan menyediakan akses internet gratis kepada masyarakat di seluruh kecamatan. Pelaksanaannya di bagi beberapa konsultan, ada yang menangani hardware dan ada yang menangani brainware. Kegiatan kali ini yang melaksanakan adalah konsultasn yang menangani brainware, dengan di fasilitasi oleh Dishubkominfo.

Berdasarkan slide show yang penulis terima tujuan dari pertemuan ini adalah 1) Memperoleh bentuk konsep program pendampingan dalam pemberdayaan layanan jasa akses telekomunikasi KPU/USO oleh perguruan tinggi melalui pendekatan pendampingan pengelolaan dan pengembangan fasilitas PLIK. 2) Memberikan pendampingan dalam penerapan konsep yang telah terseleksi oleh masyarakat dan perguruan tinggi. 3) Meningkatkan wawasan dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan interaksi masyarakat dengan PLIK.

Gambar berikut ini dapat menjelaskan Alur Kerangka Kerja Optimalisasi PLIK 2012

Pendampingan dalam rangka optimalisasi pemberdayaan layanan jasa akses telekomunikasi dan informatika ini mencakup pengembangan 3 (tiga) bidang yaitu bidang bidang ekonomi/bisnis, pendidikan dan kesehatan. Pendampingan ini juga akan memberikan modul-modul dari ketiga bidang tersebut. Kutai Timur sendiri mendapat 28 titik yang PLIK khusus untuk kecamatan yang merupakan ibukota kabupaten yang tingkat kepadatan penduduknya lebih banyak mendapatkan 2 titik. Tetapi pemasangan titik ini masih ditemukan permasalahan dalam penempatannya karena kurangnya koordinasi dengan pemerintah setempat. Kalimantan Timur mendapatkan PLIK sebanyak 48 Kecamatan dari 6 Kabupaten Kota yaitu Kota Balikpapan 8 Kecamatan, Kota Samarinda 10 Kecamatan, Kab. Kutai Kartanegara 10 Kecamatan, Kab. Paser 8 Kecamatan, Kab. Penajam Paser Utara 5 Kecamatan dan Kab. Kutai Timur 8 Kecamatan.

Mengenai lokasi dan titik PLIK di kecamatan mana di Kabupaten Kutai Timur serta lokasinya penulis belum medapatkan Informasi, karena tidak dibahas dalam pertemuan tersebut. Pertemuan ini hanya sosialisasi, jadi teman-teman bergerak di bidang kesehatan di kecamatan silahkan untuk menghubungi Pak Camat setempat untuk mengetahui, itu pun kalau mereka mengetahui, karena ini proyek dari pusat jadi terkadang ujuk-ujuk datang di kecamatan, sudah terpasang baru Pak Camat mengetahui, itu pun kalau diberitahukan.🙂 Sekian dan Terimakasih

3 Responses to “PENDAMPINGAN DALAM RANGKA OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN LAYANAN JASA AKSES TELEKOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KPU/USO LINTAS PERGURUAN TINGGI PAKET 3 (WILAYAH KALIMANTAN)”


  1. 1 pengobatan sariawan 13 Maret 2013 pukul 4:08 pm

    selamat sore, terimakasih banyak infonya

  2. 3 zager 28 Mei 2013 pukul 12:14 pm

    dalam rangka peningkatan layanan USO, maka dalam waktu dekat ini akan diadakan suatu event lomba mengenai layanan KPU/USO. 1. lomba film dokumenter. 2. lagu jinggel . harap di sebarkan informasi ini bagi teman2 yang ingin ikut berpartisipasi. pemenang akan di bawa ke jkt dalam malam penganugrahan yang diserahkan langsung oleh pak Menteri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 331,407 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


%d blogger menyukai ini: