Sulitnya mendapatkan data yang valid

Data merupakan dasar dalam pengambilan keputusan, data yang tidak valid tentu akan mempengaruhi kualitas keputusan tersebut. Kesulitan dalam mendapatkan data yang valid bagi petugas pengelola data kabupaten adalah adanya data yang berbeda dari sumber yang berbeda pula, hal ini disebabkan karena format yang digunakan berbeda-beda walaupun data yang diminta sama. Misalnya saja data diare, data tersebut dapat kita temukan di SP2TP, Surveilans Puskesmas Terpadu (STP) dan Laporan Wabah mingguan (W2). Semua data bisa saja berbeda, bahkan ada yang pemegang pencatatan yang sama seperti STP dan W2 datanya berbeda.

Petugas kabupaten biasanya hanya memasukkan data dalam format pencatatan dan pelaporan Kabupaten sesuai dengan yang dilaporkan oleh petugas Puskesmas, nah yang jadi pertanyaan adalah legitimasi masin-masing format laporan yang ada, dimana laporan tersebut telah ditandatangani oleh Pimpinan Puskesmas masing-masing walaupun data berbeda. Celakanya pula apabila data tersebut kemudian diteruskan oleh Kabupaten ke tingkat lebih tinggi: Provinsi dan Pusat.Pada akhirnya data pun berbeda-beda.

Kemudian untuk menghitung capaian target adapula yang menggunakan penyebut jumlah penduduk dan adapula yang menggunakan rumah tangga, misalnya jumlah sarana air bersih yang digunakan oleh masyarakat. Pada format profil Kabupaten menggunakan penyebut Rumah Tangga sedangkan pada format profil Program Penyehatan Lingkungan menggunakan Penduduk, dan kedua-duanya format sudah baku dari Pusat. Jadi seharusnya ada penyatuan format dulu, termasuk data mana yang harus digunakan bila ada data yang berbeda. Peran pimpinan di Puskesmas yang merupakan sumber data dalam melakukan crosscheck data pelaporan sangat membantu menentukan validnya data yang ada. Selain itu juga penyatuan data satu pintu berupa Bank data perlu dipertimbangkan.

Sekian dulu tulisan dari saya , mohon masukkan dari teman-teman baik di Dinas Kabupaten maupun di Puskesmas agar data kita lebih baik lagi. Terima kasih….

1 Response to “Sulitnya mendapatkan data yang valid”


  1. 1 Franscisco Rahmawati 19 Oktober 2010 pukul 9:07 pm

    Salam,

    Pertama aku kira blog dari teman kuliah aku, akan tetapi setelah di telusuri ternyata aku salah.^_^

    Btw, hanya ingin comment dari blog yang saudara telah buat, mengolah data memang sangatlah sulit.. Apalagi dari data yang di input tidak ada kesamaan format antara satu administrator satu dengan yang lain.

    Saat proses input salah format (,) atau (.) bisa pusing si pengolah data. Contoh hal kecil format untuk tanggal. Cuma gara2 satu field aja bisa pecak kepala kita di buatnya :))

    Hmmm.. menyita waktu banget untuk menyamakan data yang masih banyak debug nya tersebut. Apalagi kalau di kejar deadline untuk proses reporting.

    Entah kenapa para penginput data sudah di bekali training saat ingin melakukan proses penginputan, tapi tetap saja mereka selalu salah. Dan ini salah satu faktor yang membuat proses analysist data terlambat. Belum lagi adanya perbedaan selisih pada saat proses summery.

    Kira2 langkah apalagi yang harus kita lakukan agar memperkecil jumlah kesalahan tersebut..?

    Program yang telah di buat oleh programmer pun sudah di format sedemikian rupa, untuk mengurangi kesalahn tersebut..
    Akan tetapi tiap reporting selalu merepotkan.

    Maaf jadi curhat kerjaan.. Mungkin di blog ini kita bisa berbagi ilmu.

    Thank’s

    Salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 331,407 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


%d blogger menyukai ini: