Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-45 Tahun 2009 di Kabupaten Kutai Timur

IMG_1102Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-45 di Kabupaten Kutai Timur dilaksanakan bersamaan dengan Hari Pahlawan tanggal 10 Nopember 2009 di Lapangan Sekretariat Kabupaten. Tema Hari Kesehatan Nasional ke-45 adalah “Lingkungan Sehat Rakyat Sehat”, tema ini diangkat untuk lebih mengarah peningkatan kualitas lingkungan dalam pencapaian sasaran pembangunan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Masalah lingkungan masih merupakan tantangan terbesar di bidang kesehatan seperti terbatasnya ketersediaan dan akses air bersih, rendahnya akses sanitasi, tingginya polusi udara akibat kebakaran hutan dan kendaraan. Pesan-pesan penting untuk meningkatkan derajat kesehatan lingkungan, ditekankan pada tiga pilar yang saling bersinergi yaitu :

Pertama, yaitu : lingkungan sehat merupakan cermin perilaku sehat. Perilaku sehat menunjukkan kemandirian masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatannya, dan didukung oleh pelayanan kesehatan yang bermutu untuk meningkatkan derajat kesehatanmasyarakat Indonesia yang optimal.

Kedua, lingkungan baik fisik maupun non fisik sangat penting untuk menciptakan rakyat bertambah sehat. Namun tidak mungkin dilaksanakan oleh bidang kesehatan secara sendirian, sangat diperlukan partisipasi berbagai program dan sektor.

Ketiga, seluruh jajaran kesehatan harus mampu mendorong masyarakat untuk terus menerus meningkatkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan sehingga masyarakat semakin sehat dan produktif sebagai langkah pasti peningkatan kualitas bangsa.

Untuk melaksanakan ketiga pilar tersebut maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-45 ini mencanangkan Pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) DBD melalui Gerakan Jum’at Bersih 60 Menit, kegiatan ini melibatkan kader pemantau jentik dan sektor terkait. Kegiatan sesuai dengan paradigma baru di jajaran kesehatan, dimana jika sebelumnya pelayanan kesehatan masih menempatkan masyarakat sebagai obyek, maka saat ini masyarakat didorong dan diberdayakan untuk mampu menjadi subyek. Masyarakat diberdayakan untuk mampu secara mandiri menjamin terpenuhinya kebutuhan kesehatan yang berkesinambungan, serta mengembangkan sejumlah prakarsa dalam membangun lingkungan sehat dengan melibatkan masyarakat.

Selain acara pencanangan Pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) DBD melalui Gerakan Jum’at Bersih 60 Menit, dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-45 Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur juga melaksanakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis meliputi Pemeriksaan golongan darah, gula darah, kolesterol, asam urat, dan penyakit Hepatitis yang dibantu oleh Rumash sakit Swasta dan apotek seluruh Kabupaten Kutai Timur dalam pelaksanaannya. Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang dipusatkan di Lapangan STQ Kecamatan Sengata Utara ini dihadiri berbagai sektor dan masyarakat termasuk anak sekolah setingkat SD serta kader jumantik termasuk kader Desa Siaga di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Kaliorang dan Teluk Pandan, kader ini merupakan binaan dari LSM JHPIEGO yang membantu pelaksanaan Desa Siaga di Kabupaten Kutai Timur. Untuk menambah meriahnya acara dihadirkan acara musik sekaligus pembagian kupon door price kepada undangan.

0 Responses to “Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-45 Tahun 2009 di Kabupaten Kutai Timur”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 331,407 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


%d blogger menyukai ini: