Menengok Puskesmas Sangatta dan Puskesmas Teluk Lingga

Beberapa waktu lalu penulis berjalan ke 2 (dua) Puskesmas yang berada di Ibu Kota Kabupaten Kutai Timur, yang telah terpasang Local Area Network (LAN) tetapi belum ada Aplikasi ataupun dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Pada awalnya ke 2 (Dua) Puskesmas ini akan dijadikan puskesmas percontohan dalam penerapan Sistem Informasi Manajeman Puskesmas (SIMPUS), tetapi karena terhambat mengenai anggaran sehingga baru tahun ini akan diadakan Aplikasi SIMPUS. Aplikasi SIMPUS sendiri rencananya akan menggunakan Aplikasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi berdasarkan keterangan dari Kepala Sub Dinas Pelayanan Kesehatan, yang pada awalanya telah melakukan kunjungan ke Ngawi dengan seluruh Pimpinan Puskesmas untuk melihat pelaksanaan SIMPUS tersebut.
Teluk Lingga
Profil
Tujuan pertama perjalanan menuju ke Puskesmas Sangatta. Perjalanan menuju ke Puskesmas Sangatta merupakan perjalanan yang sangat menarik karena harus melalui penyeberangan dengan ketinting yang dapat mengangkut kendaraan roda dua, karena letaknya di seberang sungai. Sebenarnya ada jalan darat yang menghubungkan antara 2 (Dua) Kecamatan tersebut Kecamatan Sengata Utara dan Sengata Selatan, tetapi karena harus memutar dan memakan waktu yang cukup lama jadi lebih ringkas lewat penyeberangan, cukup dengan membayar RP. 1.000,- untuk kendaraan roda dua beserta pengendaranya dan Rp. 500,- hanya bagi per-orangan.
penyebrangan
Setelah sampai di Lokasi Puskesmas tampak sepi, dan pada saat itu ada berita duka yaitu meninggalnya mertua salaha satu staf di Puskesmas yg tinggal di rumah Dinas Perawat. Tapi misi tetap berlanjut, pertama-tama di lihat Komputer yang ada disana, melihat instalasi LAN dan mecoba koneksinya. Tetapi tidak semua komputer dicoba karen ada beberapa ruangan yang tidak ada sambungan buat power, jadi hanya 2 komputer saja yaitu di ruangan Poli Umum dan Gigi. Komputer yang terhubung dengan jaringan ada 5 unit, walaupun sebenarnya di Puskesmas ini ada 7 unit, tetapi yang merupakan bagian dari proyek pengembangan SIMPUS hanya 5 Unit yaitu di tempatkan di ruang Pendafaran, Poli Umum, Poli Gigi, KIA dan Obat. Sedangkan 2 komputer yang telah ada dan tidak terhubung dengan jaringan berada di ruang Pimpinan Puskesmas dan Tata Usaha. Hanya bebrapa jam saja di Puskesmas Sangatta karena ada musibah jadi tidak enak terlalu lama.

Kartu Berobat Pasien di Puskesmas Sangatta

Kartu Berobat Pasien di Puskesmas Sangatta


Ruang_Pendaftaran
Ruang_Kartu
Pendaftaran Pasien Puskesmas Teluk Lingga

Pendaftaran Pasien Puskesmas Teluk Lingga


Kasir Puskesmas Teluk Lingga

Kasir Puskesmas Teluk Lingga


Perjalanan selanjutnya ke Puskesmas Teluk Lingga dengan melalui rute yang sama. Kondisi LAN Puskesmas Teluk Lingga tidak jauh beda dengan Puskesmas Sangatta karena merupakan satu paket pengadaannya, tetapi sarana komputer hanya ad 6 unit termasuk 5 unit yang terhubung dengan jaringan. Dari segi fisik Puskesmas Teluk Lingga merupakan yang paling bagus karena termasuk bangunan baru yang di Renovasi yang dulunya merupakan bangunan kantor dari Dinas Perhubungan. Pada awalnya Puskesmas Teluk Lingga satu Atap dengan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), baru pada tahun 2008 Puskesmas Teluk Lingga menempati gedung baru. Jadi bagaikan memisahkan bayi yang kembar Siam, karena sebagian alat Puskesmas Teluk Lingga banyak digunakan oleh Rumah Sakit. Tetapi tahun 2009 tepatnya bulan Mei rencananya RSUD akan menempati gedung baru yang telah dibangun atas bantuan PT. KPC di Jalan Sokarno-Hatta. Jadi bagaimana nasib gedung yang lama?!?!
Komputer di Puskesmas Sangatta yang telah terhubung Jaringan

Komputer di Puskesmas Sangatta yang telah terhubung Jaringan


Komputer di Puskesmas Teluk Lingga yang telah terhubung Jaringan

Komputer di Puskesmas Teluk Lingga yang telah terhubung Jaringan


Dari hasil perjalanan ke 2 (dua) Puskesmas tersebut, pencatatan dan pelaporan masih perlu untuk dibenahi khususnya data kunjungan dan Pasien yang masih manual sehingga ketika penulis menanyakan mengenai jumlah rata-rata kunjungan jawabannya pun berbeda-beda “kadang sekian, kadang-kadang sekian”. Dan pasien harus masih membawa kertas ke Ruang Obat untuk minta resep dan terkadang petugas obat menanyakan tulisan pada resep tersebut. Tapi pasien terlayani dengan baik, walaupun harus antri, selanjutnya akan ditunggu penerapan SIMPUS apakah akan sesuai harapan atau tidak.

About these ads

2 Responses to “Menengok Puskesmas Sangatta dan Puskesmas Teluk Lingga”


  1. 1 Tirawati 10 Mei 2012 pukul 10:53 am

    Jika anda membutuhkan tenaga kesehatan bidan, anda dapat menghubungi kami di no ini 081 343 525 515 , atau di no 085 248 202 978,

  2. 2 Tinny 3 April 2013 pukul 2:08 pm

    Selamat ! Puskesmas Teluk Lingga ada kemajuan dengan adanya sarana untuk internet, semoga menjadi pendukung operasional Puskesmas tsb sampai ke pelosok2. Semoga di bawah kepemimpinan Dr Murni Mustamin semakin maju dan jaya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Kicauan Hati

  • Kalo ada tanggal merah panjang gini pengen punya mesin waktu, balik ke masa kanak2. Main bola sepuasnya... 1 day ago

Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 197,229 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 137 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: