DPRD Kutai Timur Sahkan APBD Rp 1,5 Triliun

logo_kutim

Setelah sempat tertunda akhirnya DPRD Kabupaten Kutai Timur Mensyahkan Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) Tahun 2009, seperti dilansir Kaltim Post jumat (20/02/2009). Dalam sidang paripurna ke-10 DPRD Kutim, enam fraksi diberi kesempatan untuk penyampaikan pendapat akhir tentang Raperda APBD 2009.

Ketua DPRD Kutim Mujiono saat memimpin sidang memberi kesempatan pertama kepada Fraksi Pelopor Demokrasi yang dibacakan Suardi mengenai pendapat akhir APBD Kutim 2009 ini. Berikut, Fraksi Anamat Keadilan dan Persatuan yang dibacakan oleh Sudyanto, Fraksi Golkar tentang APBD Kutim 2009 disampaikan oleh Kasmidi Bulang.

Selanjutnya Fraksi PDI Perjuangan disampaikan Agil Suwarno, Fraksi Keadilan Sejahtera oleh Shabaruddin, dan Fraksi Buruh Sejahtera dibacakan Alek Rohmanu.

Ke-6 fraksi yang bergiliran menyampaikan pendapat akhir menyetujui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kutim tahun 2009 sebesar Rp 1,5 triliun lebih, dengan rincian sumber pendapatan dari pendapatan asli daerah (PAD), dana perimbangan, dan pendapatan lain yang sah.

Disebutkan, penghitungan pembelanjaan 2009 sekira Rp 2,3 triliun lebih, berarti terjadi defisit anggaran sekira Rp 577 miliar lebih. Kendati demikian wakil rakyat mengharapkan kepada pemerintah agar penggunaan dana tersebut tepat sasaran.

Mujiono mengatakan, dengan disahkan APBD Kutim 2009 ini maka roda pembangunan dapat terus dilaksanakan dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan yang telah dicanangkan bersama melalui program gerakan daerah pengembangan aribisnis (Gerdabangagri).

Kamis (19/2) kemarin, hanya 19 wakil rakyat yang hadir, dan itu menurut pimpinan sidang sudah korum. Berarti sidang penting dalam menentukan pembiayaan dan pendapatan tahun anggaran 2009 tersebut bisa dilaksanakan.

Melalui sidang paripurna ke-10 tersebut, setelah enam fraksi selesai menyampaikan pendapat akhir Raperda APBD Kutim, maka prosesi penandatanganan naskah berita acara kesepakatan menyetujui APBD 2009 digelar. Yang ikut membubuhkan tanda tangan, yakni Sekkab Kutim Sjafruddin Achmad mewakili Bupati Isran Noor. Kemudian disusul Ketua DPRD Kutim Mujiono, berikut Wakil Ketua DPRD Kutim Ardiansyah Sulaiman dan Bahrid Buseng.

“Dengan usainya penandatanganan berita acara pengesahan APBD tahun anggaran 2009 ini maka sidang paripurna kesepuluh ini resmi ditutup,” ujarnya.

Ditempat kerja penulis sendiri anggaranya masih dalam tahap perbaikan dan masih dala bentuk Rencana Kerja Anggaran (RKA) belum dalam bentuk Dokumen Pelaksanaan Anggaran. Cara penyusunan RKA tahun ini berbeda dengan tahun lalu, karena telah menggunakan aplikasi yang dihubungkan melalui jaringan, dibandingkan tahun lalu yang masih manuall, jadi harus masih melalui proses pembelajaran yang dipandu oleh konsultan yang telah disediakan oleh Bappeda. Penulis sendiri belum melihat Aplikasi tersebut masih sebatas informasi dari teman penulis. Mungkin setelah liburan semester 2 baru penulis melihat Aplikasi tersebut dan mempelajarinya.

4 Responses to “DPRD Kutai Timur Sahkan APBD Rp 1,5 Triliun”


  1. 1 jojok 24 Februari 2009 pukul 1:20 am

    waduh.. duit segitu gimana ngitungnya ya ??🙂

  2. 2 Andi Herman 24 Februari 2009 pukul 10:10 am

    Ngitungnya pake tangan mas….
    Sambil dibasahin pake lidah, biar mudah🙂😀

    Prioritas Pembangunan Kutai Timur ada 3 Mas, yaitu :
    1. Sumber Daya Manusia
    2. Infrastruktur
    3. Pertanian dalam arti luas…karena di sana Gerdabangagri (Gerakan Daerah Pembangunan Agribisnis)

  3. 3 Setya Huda Mustaqim 9 Maret 2009 pukul 4:15 pm

    thanks bro dah berkunjung ke web aspura kutim sby…
    n info ttg beasiswa nya…
    kami dsni ga tau sama sekali…
    yang di jogja dh daftar kh????
    jangan sungkan2 berkunjung n berbagi info…
    thanks…
    lam dari anak2 sby buat yg d jogja…..

  4. 4 utut 21 Maret 2009 pukul 3:01 am

    ya pokok nya duit segitu dipergunakan pada sasaran yang tepat,jangan sampai rakyat tambah melarat.nanti APBD jadi Anggara Pendapatan Belanja Dewe.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 331,407 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


%d blogger menyukai ini: