MUI : Merokok Haram dan Aborsi Legal

MerokokSetelah mengeluarkan fatwa Haram terhadap rokok dikalangan terbatas, kali ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) melegalkan Aborsi. Sebagaimana dikutip okezone.com (24/1/2009) aborsi atau menggugurkan bayi diperbolehkan sesuai dengan alquran, hadist dan fikih.
Menurut Ketua Komisi Fatwa MUI Ali Mustafa Yaqub, aborsi bisa dilakukan jika itu membahayakan ibu hamil dan berakibat meninggal.
“Aborsi bisa dilakukan pada korban pemerkosaan seperti yang dilakukan serdadu Amerika terhadap Bosnia. Tapi aborsi tidak diperbolehkan pada kasus perzinahan, kalaupun diperbolehkan ada aturannya,” jelas Ali Mustafa kepada wartawan menjelang ijtima di Perguruan Dinniyah Puteri di Jalan Abdul Hamid Hakim, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Sabtu (24/1/2009).
Untuk kasus perzinahan, aborsi diperbolehkan jika usia kandungan maksimal usia kandungan lima pekan. “Karena menurut ilmu kedokteran lewat lima pekan telah ada rohnya,” tambahnya.
Hal ini hanya sebatas fatwa MUI saja, Selanjutnya bagaimana dengan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) melarang keras dilakukannya aborsi dengan alasan apapun sebagaimana diatur dalam pasal 283, 299 serta pasal 346 – 349. Bahkan pasal 299 intinya mengancam hukuman pidana penjara maksimal empat tahun kepada seseorang yang memberi harapan kepada seorang perempuan bahwa kandungannya dapat digugurkan.
Sementara dalam pasal 15 (1) UU Kesehatan Nomor 23/1992 disebutkan bahwa dalam keadaan darurat sebagai upaya untuk menyelamatkan jiwa ibu hamil dan atau janinnya, dapat dilakukan tindakan medis tertentu. Sedangkan pada ayat 2 tidak disebutkan bentuk dari tindakan medis tertentu itu, hanya disebutkan syarat untuk melakukan tindakan medis tertentu.
Dengan demikian pengertian aborsi yang didefinisikan sebagai tindakan tertentu untuk menyelamatkan ibu dan atau bayinya (pasal 15 UU Kesehatan) adalah pengertian yang sangat rancu dan membingungkan masyarakat dan kalangan medis.
Oleh karena itu perlu adanya kesamaan persepsi mengenai lagalitas Aborsi ini yang tidak kunjung habis diperdebatkan, tetapi setidaknya ada sedikit harapan dari MUI untuk menyusun kembali aturan-aturan mengenai legalitas Aborsi ini, sehingga dapat mengurangi Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi yang merupakan salah satu pecapaian dalam Millenium Development Goals (MDGs).

0 Responses to “MUI : Merokok Haram dan Aborsi Legal”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 331,407 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


%d blogger menyukai ini: