Selamat Datang, Gubernur “Antikorupsi”

“Karang Melenu puteri bertahta, Malin Kundang anak durhaka. Kalau gubernurnya bertakwa, niscaya rakyat akan sejahtera”.

Gubernur_BaruPantun yang diucapkan Ketua DPRD Kaltim, Herlan Agussalim pada penutupan rapat paripura istimewa pelantikan Gubernur dan Wagub Kaltim Rabu (17/12), seolah menjadi sambutan tersendiri bagi gubernur baru, Awang Faroek Ishak dan wakilnya, Farid Wadjdy. Jika diterjemahkan lebih jauh, pantun itu secara tidak langsung antara lain mengingatkan Faroek agar tidak melakukan korupsi.

“Memang begitu maksudnya,” ujar Herlan usai pelantikan. Mengingatkan Faroek agar tidak korupsi, menjadi sangat relevan mengingat begitu banyaknya pejabat yang tersandung kasus laten itu. Contoh terpenting adalah gubernur Kaltim periode 1998-2006, Suwarna AF yang divonis Mahkamah Agung 4 tahun penjara dan bebas bersyarat mulai 2 hari lalu.

Sebelum dan sesudah Suwarna, pejabat lain pun tersandung korupsi. Misalnya Bupati dan Plt Bupati Kukar, mantan pimpinan DPRD Kaltim dan Bontang, sejumlah pejabat Tarakan, Kubar, Bontang, Samarinda dan pejabat lainnya.

Mengingatkan Faroek agar tidak korupsi juga semakin pas, mengingat Kutim yang dipimpinnnya pada 2006-2008 ini adalah kabupaten pertama di Kaltim yang menerapkan pakta integritas bagi seluruh pejabatnya. Lewat pakta ini, para pejabat terikat pada perjanjian untuk tidak melakukan korupsi. Faroek juga membentuk tim monitoring dan evaluasi, yang salah satu tugasnya adalah mengawasi pelaksanaan pembangunan untuk menghindarkan nepotisme, kolusi dan korupsi.

“Mudah-mudahan Pak Awang (Faroek) tak akan pernah tersandung kasus korupsi. Lagi pula, mau cari apa lagi sih?” ujar seorang pengusaha Kaltim lewat telepon dari Jakarta, menyambut pelantikan Faroek. Menurutnya, pada usia 60 tahun dengan pencapaian karir yang cukup mengesankan, “Jadi menteri saja Pak Awang yang belum,” katanya. Maksudnya, dengan menjadi gubernur, Faroek mestinya tak akan kekurangan apa-apa secara finansial. “Saat pensiun nanti, tak mungkin kelaparan kan?” katanya tetap dengan nada serius.

Memang, meski pengawasan penggunaan anggaran pemerintah semakin ketat, seorang gubernur seperti Faroek, ibaratnya, tak perlu berpikir apa-apa soal pemenuhan kebutuhan hidup. Di samping gaji dan tunjangan, seorang gubernur berhak atas beragam honor. Itu tak termasuk ucapan “terima kasih”.

Biaya hidupnya bisa dibilang “nol” alias tak keluar duit apapun. Biaya rumah tangga yang begitu beragam jumlahnya, ditanggung APBD. Mobil dinas mewah sedia setiap saat. Ajudan dan staf siap melayani. Biaya pemeriksaan kesehatan dan pengobatan sepenuhnya dibiayai duit rakyat. Penghasilan dan fasilitas yang dinikmati Farid pun begitu, tentu saja pada jumlah berbeda.

Jadi, bolehlah kita berharap, Faroek dan Farid memang akan benar-benar antikorupsi. Bukan saja karena KPK dan penjara akan menanti jika keduanya korupsi, juga karena sudah begitu banyak contoh berharga yang harus dijadikan pelajaran. Lagi pula, alangkah sayangnya jika kelak, Faroek mengakhiri karirnya selama hampir 4 dasawarsa dengan catatan sebagai gubernur yang gagal menghindari korupsi.

DPRD, para staf, LSM, pers dan bahkan masyarakat, bisa menyumbangkan peran, agar semangat antikorupsi yang sudah disuarakan Faroek, akan terus begitu sampai akhir jabatannya kelak.

Selamat datang gubernur antikorupsi.

dikutip dari : Kaltim Post

0 Responses to “Selamat Datang, Gubernur “Antikorupsi””



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 331,407 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


%d blogger menyukai ini: