Waspada!!! Virus Koobface pada Facebook anda, sekarang telah meng-invasi Jejaring Sosial lain “Bebo”

beboBerita tersebut baru penulis baca di okezone.com seberapa jauh kemampuan virus tersebut??? Berdasarkan pengungkapan dari McAfee bahwa virus tersebut mampu mencuri data kartu kredit pengguna facebook. Ketika PC (personal computer) seorang pengguna Facebook sudah terinfeksi Koobface, maka Koobface membaca daftar teman pengguna tersebut. Koobface kemudian menggandakan diri dengan cara mengirimkan e-mail berisi salinan dirinya ke teman-teman pengguna yang telah terinfeksi. Proses penggandaan itu tentu saja tidak diketahui pengguna karena berlangsung secara otomatis dan rahasia.

Reaksi berantai pun terjadi. Penggandaan dan infeksi terus terjadi ketika pengguna Facebook yang lengah membuka attachment yang berisi virus tersebut. Pengguna yang awam kesulitan mendeteksi ancaman virus itu karena virus tersebut menyamar sebagai file bernama flash_player.exe. Virus itu membujuk pengguna untuk mengklik attachment itu dengan mengatakan bahwa Flash Player pengguna sudah ketinggalan zaman. Ketika update palsu yang mengaku berasal dari Adobe Systems Inc itu diklik, maka PC pengguna pun terinfeksi.

Ketika pengguna Facebook telah terinfeksi, maka setiap pengguna membuka situs-situs pencarian seperti Google, Yahoo, MSN, Live.com, maka pengguna diarahkan situs-situ lain yang telah terkontaminasi. Hal ini bukan upaya pertama dari virus Koobface untuk menyebarkan diri melalui Facebook. Pada Agustus silam, varian pertama virus Koobface sudah mencoba menyebarkan diri melalui situs Facebook tetapi berhasil ditumpas oleh Facebook.

Setelah puas beraksi di Facebook, virus ini loncat ke situs penyedia layanan blog Bebo, koobface melancarkan aksinya, dengan mengirimkan sebuah pesan yang memerintahkan penerima untuk membuka link yang meng-up date sebuah video player, Bukannya mendapatkan slide yang diinginkan, malah pesan tersebut menjeremuskan pengguna Bebo untuk mengunduh berbagai macam virus lainnya, yang susah teridentifikasi oleh software anti virus. Oleh Koobface, pengguna disuruh mengunduh video yang ternyata isinya berbagai macam virus, termasuk Trojan.

Mungkin user Facebook tetap berhati-hati. Terutama jika menerima pesan dengan subjek ‘You look just awesome in this new movie’. Bisa dipastikan, itu adalah virus yang dibawa oleh Koobface dan jangan pernah membuka attachment dari e-mail yang dikirimkan orang tidak dikenal.

Penyebaran Koobface melalui Facebook dan situs jejaring sasial lannya adalah bukti bahwa pembuat virus Koobface terus memperbarui dan menambah fungsionalitas virus itu. Sayang, hingga saat ini pembuat virus Koobface belum ditemukan.

Diprediksi, aksi Koobface ini masih terjadi di Facebook hingga kini…

Jadi WASPADALAH……

Sumber : okezone.com

0 Responses to “Waspada!!! Virus Koobface pada Facebook anda, sekarang telah meng-invasi Jejaring Sosial lain “Bebo””



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 331,407 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


%d blogger menyukai ini: