Vodafone Huawei E220 Naik Broom

Vodafone Huawei E220 Naik Broom

Vodafone Huawei E220 Naik Broom

Baru-baru ini saya membeli modem Vodafone Huawei E220 dan Paket perdana IndosatM2 broom dengan harga untuk modemnya Rp. 1.150.000,- dan perdana IndosatM2 Rp. 150.000,- pada saat itu. Walupun bingung awalnya mau beli yang mana??? Saya juga lupa mencari refrensi di internet khususnya mengenai modem yang akan dipakai, maklum pengen buru-buru dipakai karena tugas kuliah numpuk khususnya mencari Jurnal huh…😦 saya hanya mencari dengan melakukan survey ke toko-toko, alhasil hanya dapat produk lama dan hanya sedikit refrensi sebagai bahan perbandingan, ya karena pada saat itu yang ada di toko yang dikunjungi kebanyakan produk ini.

Ya… walaupun produk lama buatan tahun lalu tapi lumayan bagus untuk ukuran modem USB, dan yang pastinya cocok buat kantong mahasiswa yang suka nge-net tapi kadang-kadang boke’ 🙂 , kita bicaraain mengenai modem dulu ya!!! Vodafone Huawei E220 hanya dapat dijalankan dengan Sistem Operasi Widows 2000 dan Windows XP jadi nggak bisa buat Windows Vista apalagi Linux, untuk kedua Sistem Operasi ini nanti saya informasikan produk apa yang sudah mendukung system operasi tersebut. Spesifikasi dari Vodafone Huawei E220 wireless modem sendiri yaitu ukurannya 89 mm (D) x 43 mm(W) x 14.5 mm (H), berat < 50g, HSDPA/UMTS: 3GPP R99, R5 GSM/GPRS/EDGE: 3GPP R99, dengan paket data service HSDPA transmisi maksimum rata-rata 3.6Mbps, paket data service UMTS transmisi maksimum rata-rata 384kbps, paket data service EDGE transmisi maksimum rata-rata 236.8kbps, SMS service, eksternal interface Mini USB interface: supporting USB 2.0 Full Speed, Antenna: Internal antenna, SIM/USIM card: standard 6 PIN SIM card interface, auto installation, modem yang saya gunakan ini berbeda dengan keluaran sebelumnya karena ada penambahan firmware terbaru dengan kecepatan 7,2 Mbps. Modem yang lain yaitu produk ZTE yang dapat dibeli satu paket dengan perdana IndosatM2 Broom serinya ZTE MF620 dapat digunaka untuk system operasi Macintosh, Widows Vista dan XP, ZTE MF622 dapat digunakan untuk system operasi linux.

Vodafone Huawei E172

Vodafone Huawei E172

Keluaran baru dari Vodafone Huawei yaitu seri E172 berdasarkan hasil penulusuran sampai dengan tulisan ini dibuat yaitu antara Rp. 1.550.000,- sampai dengan Rp. 1.650.000,-. Huawei E172 USB HUDPA 7.2 Mbps Wireless Modem. Berbentuk USB Stick, sangat kecil, hanya seperti sebuah Flash Disk kecil, warna putih mengkilap. HSUPA (High Speed Upload Packet Access). Download Speed = 7.2 Mbps , Upload speed = 2 Mbps. USB 2.0 480Mbps interface (Compatible to almost all type of computer). Unlock version (Guarantee Compatible with all GSM operator operator in Indonesia and arround the world). OS Compatible list : Windows 2000, Windows XP, Windows Vista & Mac OS. Berbentuk flash drive, mudah dibawa-bawa dan cukup ditancapkan ke port USB jika kita ingin menggunakannya. Warna putihnya memberi kesan elegant. Bentuk mungilnya membuat modem ini mudah dibawa-bawa.

Broom

Broom

Nah… selanjutnya mari kita bahas masalah IndosatM2 Broom dan kecepatan aksesnya. Sedikit penjelasan mengenai Broom yang saya dapat di websie Indosatm2.com karena saya menggunakan yang Unlimited, Broom Unlimited merupakan layanan akses internet unlimited melalui jaringan 3.5G dari IM2 dengan metode pembayaran tetap setiap bulan menggunakan voucher prabayar. Disini kita akan menikmati kecepatan akses up-to 256 Kbps sampai dengan volume pemakaian 2GB. Dimana kemudian setelah itu kecepatan akses akan menurun up-to 64 Kbps sampai volume pemakaian yang tidak terbatas. Masalah kecepatan akses berdasarkan hasil pemakaian saya selama 3 hari masih cukup baik walaupun hari ke dua pada saat saya memakai malam hari rada-rada lelet, kemungkinan faktor cuaca, banyak yang memakai jaringan atau ada orang penting yang lagi memakai jaringan??? Sebab dari informasi yang saya dapat kecepatan dapat diatur oleh operator jaringan jadi kalau ada orang penting yang sedang memakai jaringan operator akan mendahulukannya dan operator dapat mengetahui nomor orang penting tersebut (benar atau tidak silahkan konfirmasi ke operator layanan jaringan anda) dan coba saja anda buktikan pada saat ada orang penting didaerah sedang menggunakan layanan jaringan yang sama, apakah mendapatkan masalah serupa???

Kita kembali ke Broom… pada guide book yang satu paket dengan perdananya ada cara melihat sisa saldo penggunaan dan untuk melihat rincian saldo secara detail, tapi koq saya coba informasinya tidak ada atau tidak jelas ya??? Ney saya coba tampilkan dilayar monitor yang muncul sebagai berikut :

sisa saldo penggunaan

sisa saldo penggunaan

Lalu…

Rincian penggunaan secara detail

Rincian penggunaan secara detail

Tampilan seperti yang diatas itu… mumet bacanya😦 mungkin kalau ada waktu, saya coba langsung tanyakan kepada penyedia layananan, ehm… sekalian minta nomor telepon mbak-mbaknya yang jaga di costumer services🙂 tapi kalau ada diantara pembaca yang bekerja di operator layanan jaringan ini mohon informasinya ya???

Ada bermacam-macam operator untuk anda gunakan sebagai pilihan dalam mengakses internet, pilihan tersebut tergantung anda karena masing-masing operator menyediakan paket atau pilihan layanan berbeda-beda tapi satu kesamaan yaitu sama-sama mencari keuntungan…. 🙂

13 Responses to “Vodafone Huawei E220 Naik Broom”


  1. 1 harisonly 30 November 2008 pukul 8:14 am

    Sekedar informasi mas, modem vodafone huawei e220 juga bisa berjalan di windows vista, machintos, bahkan linux.

    – Untuk vista firmware modem harus di upgrade.
    – Untuk Machintos tinggal download saja aplikasi.
    – Untuk Linux juga tinggal download saja apliaksinya, tetapi aplikasi utk linux yg saya gunakan sering bermasalah. Kadang modem e220 tidak terdetect oleh aplikasi. Namun dapat diakali dengan menggunakan wvdial di terminal konsole linux.

    [H.O.]

    Trim’s atas infonya karena saya baca manual booknya dan informasi dari si penjual.
    Kalau ada informasi seperti ini wach saya bisa berbagi modem ma teman2…..
    sekali lagi terima kasih

  2. 2 anis 1 Desember 2008 pukul 7:54 pm

    Sudah punya akses unlimited…. ngeblog teruusss…….sekalian mulai nyicil tulisan jadi tesis nih keliatannya…

    Andi Herman : Ketagihan nge-blog Pak… Jadi dipaksaain beli…. Masih bingung mengenai penulisan Tesis Pak… Panduan penulisan belum dibagi, trus masih banyak yang harus dipelajari, lagipula mata kuliah Metodologi Penelitian baru 3 kali pertemuan, untuk nambah-nambah ilmu jadi sering ikut seminar Proposal az Pak….

  3. 3 ame 10 Desember 2008 pukul 12:33 pm

    nice inpo gaan!!

    Andi Herman : Thank’s…. Tapi sumapah “gaan” apaan y???

  4. 4 Chandra Saja 15 Desember 2008 pukul 9:54 pm

    walah … muahal buanget …
    Kalo gak salah jamannya kami dulu disimkes kawan2 ada yg make modem hp dengan berbagai simcard untuk internetan murah. Bahkan untuk mendapatkan signaf Wifi sampe dibela belain minjam kunci ruangan kelas (dulu kelas kami diatas kantin ikm, samping pmpk), kami main dikelas sampe dini hari, pernah kena tegur pak satpam (lupa namanya).
    selamat ya, semoga bisa kumpulkan bahan2 tesis sedari sekarang.

  5. 5 Chandra 17 Desember 2008 pukul 8:38 am

    Untuk Favicon di WordPress, sudah sangat banyak orang yg tulis artikel tersebut, bisa nyari2 di Google, atau silahkan klik disini

  6. 6 ramadhanny 10 Februari 2009 pukul 2:42 pm

    gw juga pake huawei e172 dan im2 broom unlimited. kesimpulan gw: puassss abis!!!!!!!!!

  7. 7 danisharun 17 Februari 2009 pukul 7:29 am

    salam kenal dari saya
    kalau sudah dapat info tentang sisa saldo, tolong saya diberi tahu ya…
    memang akhir – akhir ini saya rasakan koneksinya sering eror dan lambat. tapi kebetulan teman – teman saya yang juga menggunakan internet dengan perangkat lain bahkan hotspot, juga lambat…mungkin jaringan memang sedang sibuk..mungkinnn

  8. 8 Andi Herman 17 Februari 2009 pukul 8:16 am

    Danisharun :
    Salam kenal kembali, terima kasih telah berkunjung!!!
    Kalau boleh tanya!! Anda melakukan isi ulang dengan cara apa?!?
    Saya biasa melalkukannya melalui ATM, jadi setelah selesai mealkukan transaksi, saya langsung masuk ke Website http://indosatM2.com dan Login disitu kita bisa melihat saldo, petunjuk ini ada di manual book pada saat awal kita membeli paket perdana Broom!!!

    Memang akhir2 ini Broom rada2 ngadat, tapi itu juga tergantung kita tinggal didaerah mana, klo kita tinggal didaerah yg kurang pengguna IM2 Broom aksesnya bisa cepat, ya seharusnya pihak penyedia jasa layanan mengantisipasi hal ini. kemungkinan saya akan menulis lagi jadwal waktu Broom ngadat, semoga bisa jadi bahan masukkan buat Indosat.

  9. 9 yunustj 1 Maret 2009 pukul 4:03 pm

    Mas Andi Herman:

    Saya juga punya E220, tapi saya pake telkomsel flash unlimited. paket max 256kps setelah pemakaian 3GB kecepatan diturunkan menjadi max 64kbps.

    Saya sudah tes modem ini dengan Fedora GNU/Linux versi 9, 10, dan 11 (development).
    program yang bisa digunakan:
    *KPPP
    *gnome-ppp
    *wvdial
    *NetworkManager
    *UMTSMon

    Semua program di atas (kecuali UMTSMon) bawaan dari Sistem Operasinya.

    tidak perlu install driver (langsung dikenalin oleh Sistem Operasi). tinggal colok dan configurasi. langsung jalan.

    Ya, kalo di windos xp emang kita harus install driver dan applikasi bawaan dari modem ini.

  10. 10 Andi Herman 1 Maret 2009 pukul 9:55 pm

    Makasih atas infonnya ya!!!
    Saya pakai Linux mint elysa, sama g ya dgn Fendora?!?!

  11. 11 yunustj 1 Maret 2009 pukul 11:26 pm

    Linux Mint “Elsya” sepertinya sudah menggunakan kernel 2.6.24 (udah kuno banget sih, soalnya yang saya pake di fedora sudah 2.6.29)

    Sementara Linux Mint 6 “Felicia” XFCE CE (versi terbaru) baru pake linux kernel2.6.27

    Sama saja sih kalo masalah modem e220 ini. tetap bisa langsung dipake tanpa install driver ataupun aplikasi khusus (bukan bawaan OS).

    Program dial up nya paling simple pake NetworkManager, cukup isi APN, userid provider dan password provider.

    Saya tidak tahu apakah NetworkManager versi di Elsya udah bisa berfungsi atau gak. Ada kemungkinan NetworkManagernya masih versi kuno juga. Tapi program lainnya yang saya sebutkan sebelumnya bisa dipake sebagai ganti NetworkManager

    cara setting wvdial bisa dilihat di
    http://yunustj.wordpress.com/2008/12/08/how-to-connect-to-internet/

  12. 12 arta 23 Maret 2009 pukul 9:04 am

    Akhir akhir ini broom memang ngadat mas, saya sudah 2 bulan lebih pake broom tapi sekarang di kantor saya yang biasanya koneksinya kenceng jadi lambat padahal sinyal 3Gnya bagus. tapi download sama buka gmail bisa cepet.

    Ada yang pernah ngalamin kayak gitu ga?

  13. 13 Andi Herman 23 Maret 2009 pukul 12:43 pm

    Yupz… memang demikian… Saya juga merasakan seperti itu…Beberapa waktu yang lalu IM2 broom meminta maaf kepada pelanggannya mengenai masalah ini, katanya kelebihan bandwidht, harusnya mereka antisipasi, jangan hanya pelanggan bertambah terus pelayanan tidak diperbaiki, akhirnya lemot dech…:(


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 331,407 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


%d blogger menyukai ini: