Dosenku “Sejauh Mata Memandang”

logo-ugmPertama-tama mohon maaf kepada dosen-dosenku, karena disini nggak semua dosen yang ditulis hanya yang sedikit aneh, unik dan memikat tentunya dan apabila dalam tulisan ini ada kesamaan nama orang, tempat dan kejadian itu memang disengaja….

Selama kuliah di SIMKES rasanya tambah banyak pencerahan yang di dapat khususnya ilmu-ilmu baru, ada yang up to date ada juga yang hanya pengulangan dari materi tahun-tahun sebelumnya karena materi tersebut sudah generic. Karakteristik dosen disini unik-unik namanya juga manusia ya beda lah satu sama lain kalau sama ya nggak seru!!!! Nah penulis coba gambarkan karakter tersebut dari kacamata penulis, ya kmungkinan kacamata yang dipakai berbeda jadi wajar kalau ini bisa berbeda dengan pandangan teman-teman lain yang kuliah di Simkes, disini penulis menggunakan kacamata kuda yang sempat penulis pinjam dengan delman yang parker di Malioboro…

Pada saat masuk khususnya Core Public Health ada satu dosen yang benar-benar menarik perhatian…. Pemikirannya wach…. Nyeleneh sech nggak, tapi faktual buanget. Memandang sesuatu dari pola pikir yang berbeda dengan apa yang ada atau apa yang telah terstruktur selama ini. Seolah tertanam dalam diri beliau jiwa-jiwa pemberontak seperti yang buku yang ditulis Kahlil Gibran “Spirit of Rebellious”. Mencoba membongkar pemikiran kami yang bekerja di instansi pemerintah tentang yang sbenarnya terjadi melalui beberapa teori yang beliau kembangkan sendiri, setiap ada sanggahan dari teman-teman pasti langsung di KO dengan pernyataan beliau. Salah satu materi menarik dari beliau yaitu Teori Pilihan Rasional dimana rasional adalah kesesuaian antara tujuan dan alat sedangkan rasionality yaitu seseorang menggunakan alat untuk mencapai tujuan jadi… Setiap perilaku sesorang dilandasi oleh tujuan pribadi, ya mungkin ada benarnya apa ada sesorang berbuat sesuatu tetapi tidak ada kepentingan pribadi didalamnya??? Beramal??? Wach pasti mengharapkan pahala kana tau surge (kepentingan pribadi juga…)!!! Gimana yah andai surga dan neraka itu tidak ada apa ada manusia yang mau berbuat kebaikan???? Dosen selanjutnya…..

Dosen yang satu ini lucu ya walaupun nggak mirip badut, ciri khasnya sering bagiin permen penghilang rasa ngantuk (karena disini dilarang nyebut merk) setiap kuliah. Bisa dikatakan beliau mapu menarik perhatian karena memang mata kuliah yang beliau sajikan sangat menakutkan atau sangat tidak disukai sebagian mahasiswa, apalagi kalau bukan yang berkaitan dengan hitung menghitung, tapi ditangan beliau materi tersebut menjadi sangat dinikmati walaupun belum tentu mamapu dipahami. Materi tersebut disajikan sangat-sangat sederhana, penjelasannya pun mudah dicerna walaupun dengan mahasiswa yang Retardasi Mental sekali pun🙂 beliau juga sedikit serius dalam hal disiplin karena kalau bisa mata kuliah beliau jangan sampai terlambat dech…. Dan juga jangan ngerjain sesuatu apapun di ruangan kuliah selama beliau menjelaskan, ya ada benarnya sech karena sedikit saja perhatian hilang sudah bingung apa yang tadi dibicarakan. Mata kuliah beliau sebenarnya dibawakan dua orang satunya belaiau sendiri dan satunya lagi ya dosen statistik juga wach…. Kalau yang satu ini mirip lah dengan prinsip orang Jogja “Alon-alon asal Klakon”(mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan dan pengucapan kata karena penulis masih terbilang baru di Jogja) nggak banyak yang harus diceritain tentang dosen yang satu ini yang pasti “Slow Down Baby” Next…..

Kalau yang sebelumnya dosen umum atau dosen untuk semua kelas selanjutnya dosen-dosen yang khusus ngajar di Simkes. Di Simkes sech Dosennya asyik-asyik Coy…. Nah kalau yang satu ini sukanya nyajiin materi menggunakan media audio visual beliau ahli dalam networking atau boleh dikata ney pakarnya, beliau nyajiin materi diselingi video berdasarkan penerapan-penerapan IT di berbagai perusahaan, dengan penyajian mata kuliah nyantai tapi tetap serius loh…. Nggak ada sesuatu yang khusus juga dengan dosen yang satu ini selain cara penyajian materi dan memang menjadi salah satu khas bagi setiap dosen. Ya kalu gitu kita lanjut dech….

Dosen yang satu ini banyak yang komen kalau menyampaikan materi terlalu cepat, kemungkinan karena beliau menggunakan processor yang tidak sama dengan mahasiswa jadi mahasiswanya “lelet” dech… ya banyak nggak terlalu (boleh dikata) “suka” karena kesan pertama yang tidak terlalu menarik, sehingga mempengaruhi proses selanjutnya. Materi yang disampaiakan cukup bagus mengenai databased, tapi beliau juga harus ngerti kemampuan mahasiswa dalam menanggkap materi, ada yang processornya cepat ada yang lambat bahkan ada yang hang🙂 . Pada dasarnya beliau baik mungkin butuh waktu untuk memahaminya…. Lanjut yang lain ya…

Nah dosen ney boleh dikata masih muda dan motor penggeraknya minat Simkes ciri khasnya JURNAL…. Masuk bagiin jurnal dalam bahasa Inggris (maklum titlenya mahasiswa MPH) dan diskusikan. Walaupun sebagian mahasiswa hanya memahami bahasa “Ibunya” dipaksain dech mempelajari bahasa Ibu Queen Elisabeth. Tapi perjuangan harus terus berlanjut sampai tetes keringat terakhir…. Materi yang disampaiin yang pastinya up to date dan mempelajari kasus demi kasus dan mencoba mencari atau menangkap makna di balik jurnal tersebut, yang pastinya disini mahasiswa harus berperan aktif, ya kalau nggak bakalan ketinggalan informasi yang sangat penting.

Akhirnya demikianlah pandangan penulis mengenai dosen, tatapi satu hal penulis ingin sampaiakn bahwa tidak ada manusia yang jahat atau baik di dunia ibarat mata uang yang tidak dapat dipisahkan kedua sisinya tergantung sifat mana yang dominan. Terima kasih dosenku terima kasih untuk semua, penulis sadar bahwa yang telah kalian berikan pasti yang terbaik buat kami.

0 Responses to “Dosenku “Sejauh Mata Memandang””



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 331,407 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


%d blogger menyukai ini: