Sistem Operasi “Nggak Selamanya Gratisan itu Kualitasnya Jelek”

Tulisan ini hanya berdasarkan sudut pandang dan pengalaman dari penulis yang merupakan seorang yang baru mengenal IT baru sekitar 3 tahun itupun hanya belajar secara otodidak dan melalui buku-buku yang tersedia di pasaran, tetapi bukan berarti ilmu sesat lho…..

Pertama kali penulis menggunakan sistem operasi Vista Home Edition yang merupakan sistem operasi yang sudah terpasang di Notebook milik penulis tetapi Cuma 1 bulan digunakan sistem operasi tersebut bermasalah nggak bisa dibuka yang muncul cuman layar hitam dan tulisan az setelah di instal software alkohol 20%, terpaksa dech Notebook-nya dibawa lari ke UGD untuk di diagnostik lebih lanjut…..

Akhirnya Notebook-nya bisa selamat tetapi harus ganti dengan sistem operasi Vista Ultimate tetapi datanya ya Inalillahi wa inalillahi rajiun dech….. kejadian tersebut terjadi di kampung halaman penulis bekerja dan tinggal di Sengata, tetapi Notebook-nya beli di Samarinda.

Ney kejadian di Jogja Coy…. Sekarang penulis mencoba berguru di Jogja tapi sama Mbah Marijan🙂 lanjut….. Sistem Operasi Vista Ultimate penulis gunakan skitar 8 bulan tetapi karena loading saat pertama di operasikan, ternyata Sistem Operasi Vista Ultimate tidak berjalan baik dengan menggunakan RAM 512 MB jadi diganti dech atau istilahnya di upgrade dengan yang lebih guede yaitu 2 GB, di tempat teman yang pada saat itu harganya Rp. 550.000,- tetapi Sistem Operasinya tetap Vista Ultimate. Alhasil cukup baik, nggak ada masalah dengan pengoperasian awal langsung tokcerrrrrrrrrrr, tapi…. Lagi-lagi setelah di instal beberapa program ngadat lagi dech… hanya digunakan 1 minggu coba hhhuuhhhhh…

Windows XPSo… Notebook-nya dibawa lagi ke tempat teman (karena penulis belum tau jalan di Jogja jadi nggak nyebutin nama jalannya atau daerahnya kesanannya az dianterin ma teman) akhirnya di putuskan menggunakan dual booting yaitu Windows XP dan Ubuntu 8.4 karena katanya teman klo Vista nggak bisa digabung ma Linux dan sampai saat ini belum bermasalah.

Dengan menggunakan dual booting penulis mampu membandingkan antara dua sistem operasi yang beda banget . Perbedaan paling mencolok jelas dari cara dapatinnya yang satunya bisa dikatakan gratis karena ada beberapa yang bayar tetapi sebagian besar gratis atau free, free disini bisa diartikan sebagai bebas, ya bebas diapakan apa az…. bebas untuk dikembangkan, bebas untuk disebarluaskan ya bebas untuk diapakan az termasuk bebas untuk tidak diapa-apakan, tetapi banyak yang mengartikan gratis tergantung sudut pandang masing-masing dah bro….

Linux UbuntuDan yang satunya lagi… harus punya license baru boleh make… pokoke harus bayar dech… nach daripada ngeluarin duit cuma buat beli sistem operasi yang mahal tetapi ada yang nyediain sistem operasi yang free dan kualitas nggak kalah oke kenapa harus bayar….. cobain az pasti nggak bakalan kecewa dech palingan Cuma butuh waktu untuk adaptasi az koq, ya palingan cuma shock nggak sampai koma (bcanda koq), semua sofware yang ada dalam sistem operasi linux adalah open source, tetapi ada beberapa keturunan linux yang bisa menjalankan software Widows, nach klo yang satu ini penulis belum tau caranya, kali-kali az ada pembaca yang ngerti, untuk info lebih lajut silahkan az pembaca ngunjungin web www.repo.ugm.ac.id atau www.ugos.ugm.ac.id disini kalian akan dapat nemuain buanyak buanget info tentang open source, atau kunjungi www.simkesugm.wordpress.com kebetulan ada beberapa teman-teman penulis yang coba membahasa mengenai open source.

Akhirnya penulis ngucapin Welcome to Open Source era…. Mohon klo ada info tentang open source yang penulis belum disampaikan atau ada sesuatu yang salah mohon untuk memberi komentar dan masukkan…. Trim’s…

1 Response to “Sistem Operasi “Nggak Selamanya Gratisan itu Kualitasnya Jelek””


  1. 1 mul14 17 November 2008 pukul 11:25 am

    Hohoo.. selamat bergabung di komunitas Linux.
    Btw yang anda maksud menjalankan software Windows di Linux itu pake wine. Coba mampir ke http://www.winehq.org/

    Instruksi cara install disini: http://www.winehq.org/site/download-deb

    Atau liat video nya cara install wine http://www.youtube.com/watch?v=vbXfxjPshpw


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 331,407 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


%d blogger menyukai ini: