Implementasi E-Government di Kabupaten Kutai Timur

Sebenarnya website E-Gov Kabupaten Kutai Timur telah dikembangkan sejak tahun 2008, dan resmi dipergunakan pada tahun 2009, tetapi hanya terbatas pada modul e-budgeting. E-Gov ini terdiri dari beberapa modul yaitu e-procurement, e-budgeting, e-posting, e-project, e-controlling, public ekspose, e-connecting, dan Simbada. Pada tahun 2010 ini telah dilakukan pelatihan masing-masing modul tersebut. Kebetulan di tempat penulis dapat modul e-project dan e-contorlling, jadi yang bisa dibahas cuma ini saja, selain e-budgeting yang telah dilaksanakan dalam penyusunan anggaran Tahun 2009 dan 2010 yang lalu.

Kemarin, tepatnya tanggal 1 Desember 2010 dilakukan pelatihan untuk modul e-project dan e-cotrolling. tetapi penulis tidak sempat mengikuti pelatihan tersebut jadi diwakilkan, kebetulan ada rapat di Bappeda untuk rapat Program pembangunan daerah yang berkeadilan dengan menyusun target pencapaian sampai dengan tahun 2015. Jadi yang penulisceritakan di sini hanya dari manual book-nya saja.

Masing-masing modul dalam E-Gov mempunyai keterkaitan, jadi ada ada urutan pengisian, sepengetahuan penulis (maaf kalau salah, karena berdasarkan pengalaman) dimulai dari dengan mengisi modul e-budgeting yaitu berupa anggaran dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerh (SKPD) setelah itu nanti semua data mengenai pengadaan akan terekam di e-procurement dan barang yang telah diadakan terekam di Simbada.

Selanjutnya kita mengisi modul e-project, berdasarkan panduan di buku petunjuk e-project adalah software aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk menjalankan dan menyimpan data, informasi dan pengolahan serta koneksi sistem yang berkaitan dengan perencanaan pelaksanaan kegiatan, penyerapan dan rencana pemilihan metode pengadaan barang dan jasa dalam rangka pelaksanaan APBD. Melalui aplikasi ini kita dapat mengisi data-data identitas dan rencana pelaksanaan pekerjaan dari kegiatan tertentu, data tersebut meliputi nama, jenis, metode, rencana mulai dan rencana selesai, alokasi anggaran, progress fisik, dan waktu pelaksanaan selama 1 (satu) tahun anggaran.

Setelah modul e-project terisi selanjunya kita melakukan pengisian pada modul e-controlling. Modul e-controlling ini memuat sistem adminstrasi pekerjaan mulai dari kontrak, laporan kemajuan fisik hingga permohonan kemajuan termin untuk pengadaan barang dan jasa yang proses pelaksanaannya dilakukan secara elektronik (e-procurement).

Semoga saja E-Gov ini dapat berkelanjutan dan tidak macet ditengah jalan karena aplikasinya yang lebih canggih ketimbang yang memakainya. Tetapi dengan melakukan pelatihan dan tidak berganti-gantinya petugas yang menangani aplikasi ini serta komitmen dari masing-masing SKPD dan pengambil kebijakan, diharapkan E-Gov ini akan terus berlanjut.

About these ads

3 Responses to “Implementasi E-Government di Kabupaten Kutai Timur”


  1. 1 download firefox 8 Februari 2013 pukul 4:11 pm

    You truly outdid yourself with this update.
    Awesome stuff

  2. 2 Van 12 Februari 2013 pukul 11:11 am

    When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox
    and now each time a comment is added I get three emails with the same comment.
    Is there any way you can remove people from that
    service? Thanks!


  1. 1 Sistem Informasi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Berbasis Elektronik Kabupaten Kutai Timur « ANDI HERMAN Lacak balik pada 13 Desember 2010 pukul 11:36 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Kicauan Hati

  • Lama2 indonesia jadi negara swasta. Tanah, air, emas, minyak, semua punya swasta. Bahkan manusia dan hukum, semua dijualbelikan,dibisnisin. 8 hours ago

Goresan Hati

Risalah Hati

Pengunjung Hati

  • 197,717 Pencinta

Jumlah Pencinta Saat Ini

Terjemahkan Dalam Bahasa Hati :

About Me Myspace Comments

Funny Myspace Comments

Pesan Hati

JAUHI NARKOBA!!!

Photobucket

HANYA MONYET YANG MEROKOK!!!

Funny Myspace Comments

HINDARI PERGAULAN BEBAS JIKA ANDA TIDAK INGIN DIKATAKAN BINATANG

Kisses Myspace Comments


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 137 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: